Loading...



Selamat Datang
Katalog Inderaja
Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Mulai Pencarian Data




(Undang-Undang No. 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan)
Tugas utama Pustekdata adalah menyediakan data penginderaan jauh berlisensi Pemerintah Indonesia bagi seluruh Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, dan Pemerintah Daerah.
Untuk memenuhi kebutuhan akan data penginderaan jauh nasional, Pustekdata menyediakan katalog Inderaja yang telah terintegrasi dengan data penginderaan jauh berbagai resolusi
yaitu resolusi rendah, menengah, tinggi, dan sangat tinggi. Pengguna dapat mengakses dan memeriksa ketersediaan data penginderaan jauh di Pustekdata melalui katalog Inderaja.

Pengguna dapat memeriksa ketersediaan data penginderaan jauh di Pustekdata melalui sistem katalog online


Contoh Citra Satelit
Penginderaan Jauh

  • Portfolio Item

    Stadion Gelora Bung Karno, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

    Pleiades, 01-05-2018
  • Portfolio Item

    Kota Bengkulu

    SPOT 6, 22-04-2018
  • Portfolio Item

    Sungai Digul, Papua

    Landsat 8, 23-10-2018
  • Portfolio Item

    Terra

    27-11-2018
  • Portfolio Item

    Bunaken

    TerraSAR-X, 14-11-2017
  • Portfolio Item

    Mosaik Landsat-8

    2016
Tutorial
Pencarian data satelit penginderaan jauh di Katalog Inderaja

Silahkan unduh panduan Penggunaan Katalog Inderaja

Prosedur Permohonan Data

Data citra satelit resolusi rendah dan menengah dapat diperoleh oleh pengguna secara bebas dengan mengajukan permintaan resmi ke Pustekdata. Sementara untuk data citra satelit resolusi tinggi (CSRT) dan sangat tinggi (CSRST) pengguna harus melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Surat permohonan data

Pengguna melampirkan surat permohonan data yang ditandatangani pejabat yang berwenang (minimal Eselon-2 atau setara).

2. ToR

Pengguna melampirkan ToR atau proposal kegiatan penggunaan data.

3. Lokasi dan Cakupan

Pengguna memberi informasi area rekaman, cakupan area, dan koordinat data. Disarankan informasi yang diberikan dalam bentuk AOI.

4. Tanggal Akuisisi

Pengguna memberi informasi waktu akuisisi data yang dibutuhkan.

5. Copy DIPA/Anggaran

Pengguna melampirkan copy DIPA/anggaran yang menyatakan tidak menganggarkan pengadaan data CSRT/CSRST.

6. Kontak

Pengguna menyebutkan kontak yang dapat dihubungi (No Handphone dan email) pada surat permohonan data.

Feature Image


Surat permohonan ditujukan kepada :
Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
LAPAN
Jl. Lapan No. 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur 13710
Fax: +62 21 8717715 atau email: bankdata@lapan.go.id.

Feature Image

  • Pustekdata merupakan institusi yang strategis dimana datanya sangat diperlukan oleh institusi yang lain terutama oleh Kementerian Pertanian. Kecepatan untuk mendapatkan data di institusi ini sangat cepat dan saya sebagai stakeholder sangat puas dalam pelayanan permintaan data di Pustekdata.
    Muhammad Iskandar
    Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian Kementerian Pertanian
    Juli, 2018
  • Pelayanan kebutuhan data di Pustekdata sangat memuaskan dan data yang diberikan sangat bermanfaat untuk perencanaan dan landuse sehingga kami bisa menganalisis dari segi ruang. Data yang kami dapat dari tahun ke tahun juga semakin update dengan kualitas yang semakin baik, terutama dari segi resolusinya 1.5 meter hingga kini 0.5 meter.
    Ahmad Sofi
    Bappeda Kabupaten Bangka Barat
    Juli, 2018
  • Kami sangat berterimakasih atas kerjasama yang telah dilakukan dengan Pustekdata LAPAN baik melalui Bimtek yang dilaksanakan di Kalimantan Selatan maupun serah terima data Penginderaan Jauh. Hampir seluruh cakupan wilayah Kalimantan Selatan sudah kami terima datanya melalui data resolusi menengah Landsat 7/8 dan SPOT 6/7. Kami menerima data Pleiades untuk cover wilayah Banjarmasin, serta CSRT lainnya seperti WorldView dan QuickBird. Data sudah dimanfaatkan diantaranya dengan dilakukan deliniasi kawasan irigasi, pemetaan kondisi jalan dan menghitung lebar jalan, peninjauan kawasan strategis, serta kondisi infrastuktur lainnya.
    Hanifah Dwi Nirwana
    Kepala Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan
    Januari, 2018

FAQ

Pertanyaan yang sering diajukan terkait penggunaan Katalog Inderaja dan Permohonan Data

Katalog Inderaja adalah sebuah katalog data penginderaan jauh yang telah terintegrasi dengan data citra satelit penginderaan jauh berbagai resolusi. Katalog Inderaja digunakan untuk melakukan pengecekan ketersediaan data satelit penginderaan jauh Pustekdata-LAPAN. Jika data yang dibutuhkan telah tersedia pada Katalog Inderaja, anda bisa melakukan pemesanan data dengan mengirimkan surat permintaan ke pustekdata.

Citra satelit resolusi rendah dan menengah dapat diperoleh oleh pengguna secara bebas melalui katalog http://modis-catalog.lapan.go.id/monitoring/ dan http://landsat-catalog.lapan.go.id/ atau dengan mengajukan permintaan resmi ke Pustekdata. Sementara untuk citra satelit resolusi tinggi (CSRT) dan sangat tinggi (CSRST) pengguna harus melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan, antara lain surat permohonan dari pejabat yang berwenang (setingkat Eselon-2), ToR kegiataan penggunaan data, tanggal akuisisi data, copy DIPA/anggaran menyatakan tidak menganggarkan pengadaan data CSRT/CSRST, serta lokasi dan cakupan data yang dibutuhkan. Surat permohonan ditujukan kepada Kepala Pustekdata - LAPAN melalui alamat Jl. Lapan No. 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710, Fax. +62 21 8717715 atau email bankdata@lapan.go.id.
Pustekdata memiliki tugas utama yaitu menyediakan data penginderaan jauh berlisensi pemerintah Indonesia bagi seluruh Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, dan Pemerintah Daerah. Meskipun perguruan tinggi tidak termasuk ke dalam lisensi pemerintah Indonesia namun tetap dibolehkan melakukan permintaan data citra satelit dengan syarat tambahan yaitu bersedia memberikan hasil penelitiannya berupa hardcopy dan/atau softcopy kepada Pustekdata.
Klik pada ikon Customize map layers. Akan muncul 4 pilihan layers yang dapat digunakan sebagai peta dasar yaitu Open Street Map, World Imagery, World Street, dan Hybird. Anda bisa mengatur transparansi dari layers tersebut dengan menggeser pengaturan opacity. Anda pun bisa menambahkan layer baru dengan cara klik add layer -> pilih type -> masukkan url layer -> masukkan nama layer
Terdapat dua jenis filter yang tersedia yaitu filter Products dan Criteria. Filter Products adalah filter berdasarkan jenis satelit penginderaan jauh, sementara filter Criteria adalah filter berdasarkan kriteria data yang diinginkan. Pada filter Criteria anda bisa melakukan filter berdasarkan rentang waktu akuisisi (Acquisition Range), resolusi (Resolution), dan Incidence Angle. Untuk data optis bisa dilakukan filter berdasarkan cloud cover dan snow cover. Untuk data radar bisa dilakukan filter berdasarkan orbit direction dan polarization.
Anda dapat membuat AOI dengan cara klik Draw, lalu pilih pembuatan AOI dengan cara Point, Polyline, Box, Polygon, atau Coordinates. Anda bisa memodifikasi AOI yang telah anda buat dengan cara klik Modify. Jika anda telah memiliki AOI dalam bentuk KML/KMZ/SHP, anda bisa unggah AOI tersebut dengan cara klik Upload.
Katalog Inderaja dapat diakses menggunakan browser Mozilla Firefox, Google Chrome atau Internet Explorer dengan alamat web https://inderaja-catalog.lapan.go.id/DD4/. Katalog Inderaja dapat diakses pada browser di telepon genggam namun tidak disarankan karena pada pembuatan AOI dengan cara Draw akan lebih mudah dilakukan pada layar yang lebar.
Coba bersihkan cache pada browser anda lalu refresh halaman Katalog Inderaja. Jika quicklook masih tidak muncul, buka Katalog Inderaja pada "New incognito window" jika anda membuka dengan browser Google Chrome, atau gunakan "New private window" jika anda menggunakan Mozilla Firefox. Jika quicklook masih tidak muncul, anda bisa melaporkannya kepada kami melalui email bankdata@lapan.go.id.
PUSTEKDATA - LAPAN

Jl. Lapan No. 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur

Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 13710

Phone: +62 21 8710786

Fax: +62 21 8717715

Email: bankdata@lapan.go.id

Website: http://pustekdata.lapan.go.id

Feature Image